Minggu, 05 Februari 2012

Selayang Pandang

Desa Ketilengsingolelo, merupakan salah satu dari 15 desa yang ada di Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara, Desa Ketilengsingolelo adalah sebuah desa yang terdiri dari 3 dusun yaitu Dusun Ketileng, Dusun Singolelo, dan Dusun Bedayun. Desa Ketilengsingolelo terletak 3 Km dari pemerintahan Kecamatan Welahan, 27Km Dari Ibukota Kabupaten Jepara, Dan 55Km Dari Ibukota Provinsi Jawa Tengah.

Adapun batas-batas wilayah Desa Ketilengsingolelo adalah :
  1. Sebelah Utara : Desa Paren Kec. Mayong
  2. Sebelah Selatan : Desa Welahan Kec. Welahan
  3. Sebelah Barat : Desa Kalipucang Wetan Kec. Welahan
  4. Sebelah Timur : Desa Mayong
Wilayah Desa Ketilengsingolelo termasuk daerah dataran tinggi dengan ketinggian kurang lebih 400 s/d 1200 m diatas permukaan air laut, curah hujan 2600mm / tahun, suhu rata-rata 23-26 derajat Celcius, dengan luas wilayah secara keseluruhan 1832.55 m (183.255 ha).

Balai Desa Ketilengsingolelo

Jumlah penduduk di Desa Ketilengsingolelo yang tercatat pada tahun 2008 adalah sebanyak 1633 penduduk wanita dan 1679 penduduk laki-laki yang terbagi dalam 974 Kepala Keluarga.

Petinggi Desa Ketilengsingolelo

Mata pencaharian penduduk Desa Ketilengsingolelo sangatlah beragam. Keadaan alam yang sangat subur dan luasnya lahan pertanian mengakibatkan sebagian besar penduduk memiliki kegiatan sehari-hari bercocok tanam dan bekerja sebagai petani maupun buruh tani. Sedangkan mata pencaharian penduduk Desa Ketilengsingolelo yang lain adalah Pegawai Negeri Sipil, Pegawai Swasta dan Pedagang.

Adapun potensi-potensi dari Desa Ketilengsingolelo diantaranya :
  • Belimbing
  • Jahe Kristal
  • Batu Bata
  • Kue Semprong
  • Anyaman Bambu

0 komentar:

Posting Komentar